Kriya Expo#6

Kriya Ekspo sudah dilaksanakan sejak tahun 2017 dan merupakan program unggulan dari prodi kriya seni, dengan mengusung tema yang berbeda-beda setiap tahunnya hal ini dilakukan sesuai dengan capaian yang ingin capai, pada awal pelaksanaan mengusung tema “Bersama Membangun Industri Kreatif Berbasis Budaya Lokal Yang Berdaya Saing” tema ini diusung dalam pelaksanaan kriya ekspo#1 bertujuan untuk mengajak pelaku kreatif kriya untuk membangun industri kreatif berbasis budaya lokal. Kegiatan ini terus berlanjut disetiap tahunnya dengan tema yang berbeda-beda.

Melihat perkembangan dan respons serta antusias masyarakat kriya atas kegiatan ini, maka sudah sepantasnya Kriya Ekspo #6 ini menjadi kegiatan unggulan Program Studi Kriya Seni, dan meluaskan jangkauan kegiatannya menjadi kegiatan yang berskala Nasional.

Kriya Ekspo #6 ini bertemakan” Kreativitas dan Inovasi Karya Kriya yang Berkelanjutan”. Tema ini diambil mengingat keberadaan dan fungsi karya kriya yang memberikan dampak lebih luas, baik dalam bidang ilmu seni maupun fungsinya bagi masyarakat. Kreativitas dan inovasi karya kriya tidak hanya terbatas pada individu seniman mampu memberi nilai tambah bagi masyarakat perajin. Kreativitas dan Inovasi dalam kriya ini tentu saja tidak boleh terhenti demi keberlanjutan fungsi kriya bagi masyarakat luas tersebut.

Kriya Ekspo Program Studi Kriya Seni ini merupakan kegiatan yang dapat
menunjang proses berkarya di kampus. Kriya Ekspo ini dapat membuka wawasan dosen
dan mahasiswa tentang perkembangan produk kriya di tengah-tengah masyarakat,
kegiatan ini sebagai sarana pameran beragam produk handycraft dari mahasiswa, dosen
dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta sebagai tempat penyampaian dan
sharing informasi secara komprehensif mengenai kualitas, kuantitas, harga dan hal-hal
lain yang terkait produk handycraft

Kegiatan ini diharapkan dapat menyelesaikan tentang permasalahan mengenai keterbatasan informasi perkembangan kriya dilapangan, karena dalam kegiatan Kriya Ekspo ini mahasiswa dan dosen dapat membuka wawasan tentang fenomena yang terjadi di lapangan sekaligus juga dapat mengembangkan ilmunya. Selain itumahasiswa juga mampu dengan cepat menemukan solusi tentang permasalahan di tengah masyarakat, terutama pada bidang kriya.
Sesuai dengan tugas dan fungsi prodi kriya seni selain sebagai lembaga pendidikan tentang kriya juga sebagai laboratorium dalam melahirkan calon kriyawan yang bisa memiliki daya saing baik secara lokal, nasional maupun internasional, maka dengan adanya program kriya ekspo diharapkan dapat menjawab tantangan kebutuhan produk kriya baik sebagai kebutuhan pokok, maupun sebagai penunjang kebutuhan pariwisata, kriya ekspo juga memiliki fungsi sebagai sarana menggelar produk-produk baik yang dihasilkan mahasiswa, dosen dan UMKM, diharapkan bisa memberikan kontribusi positif pada perkembang kriya saat ini.